Selamat Hari Guru 2018! 5 Aplikasi IOS Terbaik Untuk Guru

Menjelang Hari Guru Nasional 2018 yang jatuh pada 25 November 2018, tantangan yang dihadapi guru dan staf di Indonesia semakin meningkat. Apalagi di era digital, hampir semua hal bisa dilakukan secara online. Tentu saja, guru di Indonesia juga harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi di era digital.

Ini adalah salah satu tantangan yang dihadapi guru di era digital, yang telah maju dari metode pengajaran ke teknologi bantu. Kini, selain menggunakan papan tulis atau buku cetak sebagai media, Anda juga bisa menggunakan aplikasi smartphone untuk mengajar dan belajar secara online.

Apa saja aplikasi ini? Berikut adalah lima aplikasi belajar mengajar terbaik untuk guru di era digital untuk pengguna iOS.

1. Aplikasi pembelajaran berbasis game Kahoot

Proses belajar mengajar di sekolah terkadang terkesan monoton dan membosankan. Bagaimana jika guru mencoba mengatasinya dengan bermain game yang bermanfaat dan mengasah otak mereka?

Untuk itu, dalam rangka Hari Guru Nasional 2018, sebaiknya para guru mengunduh aplikasi Kahoot ini agar kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan. Aplikasi ini menawarkan permainan interaktif yang diharapkan dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dan kreatif. Salah satu permainan yang bisa Anda mainkan adalah kuis dan permainan tanya jawab.

Baca selengkapnya: 5 aplikasi yang harus dimiliki untuk siswa terpilih dari Google Play Store.

2. Google Classroom, aplikasi untuk berdiskusi dengan siswa di Internet

Jika Anda sering menggunakan aplikasi Google untuk belajar atau kelas, Anda harus mengunduh aplikasi Google Classroom ini.

Guru atau instruktur dapat menggunakan aplikasi ini untuk menyajikan tugas atau mendistribusikan buku teks secara online. Anda juga dapat lebih mudah terhubung dengan siswa dan mengundang mereka untuk memberikan presentasi atau berpartisipasi dalam diskusi.

3. Aplikasi penyimpanan online portofolio siswa, Jungkat-jungkit

Aplikasi jungkat-jungkit ini ditujukan bagi para orang tua dan guru yang memang ingin melihat hasil karya anak atau siswanya dan menunjukkan penghargaan atas prestasinya.

Dalam aplikasi ini, siswa dapat menyimpan portofolio yang berisi tugas yang diselesaikan dengan baik. Nantinya, siswa juga dapat membagikan portofolio mereka secara online dengan orang tua dan guru. Dengan cara ini, orang tua dan guru dapat memantau keberhasilan siswa secara online.

4. Guru Belajar Memimpin, aplikasi untuk bertemu guru lain secara online

Menjelang Hari Guru 2018, apakah Anda pernah ingin bertemu dengan guru lain yang mengajar mata pelajaran yang sama dengan Anda? Sekarang Anda dapat bertemu guru lain secara online yang mengajar mata pelajaran yang sama dengan Anda melalui aplikasi Teacher Learn Lead.

Petunjuk pembelajaran guru dapat disamakan dengan ‘Facebook’ guru. Anda dapat bertemu guru dari semua negara secara online untuk saling mengenal, berdiskusi, dan bertukar pikiran.

Selain berdiskusi, Anda juga bisa berbagi ide tentang pendidikan, bertukar informasi tentang pekerjaan, atau berbagi cerita tentang siswa.

5. Additio, aplikasi untuk merekam nilai, pengumuman, dan kehadiran secara online

Selama ini kita sering menggunakan buku atau papan tulis untuk mencatat nilai siswa, pemberitahuan, kedatangan atau ketidakhadiran siswa.

Catatan ini mungkin hilang atau terhapus secara tidak sengaja. Daripada kehilangan atau lupa, buat catatan online dengan Additio.

Aplikasi ini mungkin merupakan catatan digital yang dapat digunakan untuk mengatur jadwal kelas untuk pencatatan dan penghitungan nilai siswa.

Baca selengkapnya: 5 aplikasi pembelajaran online untuk ponsel cerdas Anda

5 aplikasi pengajaran dan pembelajaran iOS terbaik yang harus dimiliki guru dan staf di era digital ini. Semua dapat diunduh secara gratis dari App Store.

Selain menyesuaikan dengan keterampilan yang ada, aplikasi ini membuat proses pelatihan menjadi lebih praktis. Bukankah ide yang buruk untuk mencoba teknologi terbaru? Selamat Hari Guru 2018!

You May Also Like

About the Author: keyhar

Leave a Reply

Your email address will not be published.