Jangan Seperti Itu! Isi Liburan Anda Dengan 7 Kegiatan Positif Dan Bermanfaat

Liburan sekolah, atau yang biasa disebut libur panjang, sudah dekat. Anda akan memiliki banyak waktu luang untuk anak Anda selama di rumah. Agar anak tidak bosan dan malas, ada baiknya menyelenggarakan kegiatan anak dengan kegiatan positif selama liburan. Ini akan membuat anak Anda terkesan dan melatih mereka untuk menggunakan waktu luang mereka sebagai kegiatan yang bermanfaat. Anda dapat memilih untuk mengisi waktu luang anak Anda dengan 7 kegiatan positif ini:

1. Buang mainan yang sudah tidak digunakan lagi.

Liburan tidak harus menjadi destinasi wisata untuk melengkapi liburan anak. Anda juga bisa mengajari anak Anda untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat dan positif. Misalnya, mengajak anak untuk mulai melihat mainan yang tidak terpakai. Ini terutama berlaku untuk anak kecil yang memiliki banyak mainan. Terkadang ketika mainan baru tiba, yang lama tidak dipindahkan.

Anda dapat mengajak anak Anda untuk membuat kotak mainan khusus dan memasukkan mainan yang mereka sukai ke dalam kotak mainan tersebut. Setelah semua mainan diperbaiki, Anda dapat membawa anak Anda ke panti asuhan atau ke tempat di mana mereka bisa mendapatkan hadiah mainan, seperti mereka yang benar-benar membutuhkannya. Ini akan merangsang empati anak Anda dan membuatnya lebih mudah untuk memikirkan orang lain.

Baca lebih lanjut: 5 jenis pelajaran yang tidak akan pernah membuat anak Anda bosan

2. Bantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah

Jika Anda sedang berlibur dan tidak memiliki rencana liburan, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengajari anak Anda sesuatu yang baru. Salah satunya adalah membantu pekerjaan rumah tangga. Anda dapat mulai mengaktifkan bayi Anda dengan tindakan yang mudah dan tidak berbahaya. Misalnya melipat baju, membersihkan mainan, atau merapikan tempat tidur.

Jika anak Anda masih kecil, Anda bisa memulainya dengan mengenalkan peralatan pembersih rumah tangga beserta mainannya. Seperti sapu mainan, pel, pakaian dan pembersih lainnya. Jadi anak juga bisa memulainya dengan mengetahui bentuk dan fungsinya. Nah, ketika dia cukup tinggi, dia bisa mencobanya tanpa harus tahu cara menggunakan alat yang sebenarnya.

3. Mendaftarkan anak pada kursus yang bermanfaat dan menarik

Anak Anda akan senang melukis dengan cat air. Festivals Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mendaftarkan anak-anak Anda di kelas menggambar. Atau, jika dia seorang perenang yang rajin, sangat cocok untuk mendaftarkannya untuk pelajaran renang. Selain menambah aktivitas positif, mengikuti kelas atau mengikuti kelas bakat akan memberi anak pengalaman baru dan teman baru. Balita belajar beradaptasi dan dilatih untuk mengikuti aturan di area baru.

Bahkan ketika sekolah sedang liburan, anak-anak tetap memiliki kegiatan seru yang dapat memuaskan minat mereka. Anak-anak belajar mengisi waktu luangnya dengan kegiatan positif yang dapat membuat mereka pintar dan meningkatkan keterampilan mereka.

Baca lebih lanjut: Butuh bantuan? 7 hal yang bisa dilakukan anak-anak

4. Tenda bersama keluarga setiap akhir pekan

Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk merencanakan liburan bersama buah hati, tak ada salahnya Anda melakukan kegiatan seru di akhir pekan. Salah satunya adalah camping bersama keluarga. Anda tidak perlu tempat yang jauh atau di kaki gunung. Hanya pilih tempat perkemahan di luar kota yang pasti aman untuk anak Anda.

Selain menyenangkan, camping bisa mengajarkan anak untuk lebih mengenal alam. Ini juga memberikan dukungan pengembangan keluarga saat berkemah. Cara membuat tenda, cara memasak bersama, cara membuat api unggun dan cara mengumpulkan sampah bekas. Pengalaman menari ini juga akan mengembangkan kecintaan anak terhadap lingkungan.

5. Kunjungi Museum untuk Menambah Pengetahuan Anda

Ada banyak museum yang bisa Anda kunjungi untuk anak-anak selama liburan. Bagi Jakarta, memulai dengan museum tentang sains, hewan, sejarah, transportasi, dan era kolonial mungkin bisa menjadi pilihan. Sebelum mengambil keputusan, sebaiknya sesuaikan tema koleksi Anda dengan usia anak Anda.

Jika anak Anda duduk di bangku sekolah dasar dan sudah mulai belajar sejarah, Anda bisa membawanya ke Pathil Museum atau Folklore Museum. Namun jika si kecil belum mulai belajar sejarah, pasti seru bermain di Museum Sains dan Teknologi. Anak-anak akan mencoba eksperimen seru yang terjadi di dunia sains dan teknologi. Jangan lupa membawa topi dan minuman agar si kecil tidak kepanasan dan kehausan selama perjalanan.

6. Membuat Kerajinan Yang Menunjukkan Hasil di Rumah

Jangan biarkan anak-anak Anda berkecil hati jika rencana liburan mereka ada di rumah. Ayo, tonton dan bersenang-senanglah! Misalnya, membuat dan mempelajari origami dari kertas berwarna. Anda dapat mengumpulkan buah origami dan menggunakannya sebagai hiasan gantung untuk diri sendiri atau ruang keluarga. Atau, Anda dapat menggunakan produk bekas yang sudah ada. Misalnya, menghias kaleng bekas untuk digunakan sebagai celengan atau pot bunga.

Anda harus menggunakan hasil kerja keras anak Anda sehingga dia bisa bangga akan hal itu. Jadi dia tidak akan pernah menolak tawaran kerajinan karena barang buatan sendiri tidak akan sia-sia dan akan menjadi salah satu dekorasi untuk bahan rumah.

Selengkapnya: Mudik ART Jangan putus asa, ajak anak Anda untuk membantu pekerjaan rumah Anda.

7. Mencuci Perlengkapan Sekolah untuk Tahun Ajaran Baru

Ada baiknya mempersiapkan kebutuhan anak Anda sebelum tahun ajaran baru dimulai. Jika Anda memiliki barang-barang yang masih digunakan, seperti sepatu, tas, dan jas hujan, sebaiknya dicuci dan dibilas terlebih dahulu. Mulailah belajar membersihkan barang-barang Anda sendiri untuk mengajari anak Anda kebersihan dan tanggung jawab.

Bahkan jika anak Anda suka mengendarai sepeda atau skuter, Anda dapat mencuci sepeda dan skuter bersama-sama agar tetap bersih saat digunakan. Biasakan untuk membersihkan segala kebutuhan pribadi secara rutin agar hidup bersih menjadi kebiasaan. Nah, jika Anda perlu mencuci pakaian dan menyiapkan perlengkapan sekolah seperti biasa setiap semester atau tahun ajaran baru.

Jadi, kegiatan apa yang ingin Anda mulai untuk mengisi liburan anak Anda?

You May Also Like

About the Author: keyhar

Leave a Reply

Your email address will not be published.