Bunda Tersayang, Berikut 7 Cara Untuk Membantu Anak Anda Menyesuaikan Diri Dengan Belajar Di Sekolah Baru

Sekolah bisa menjadi tempat yang menyenangkan sekaligus menakutkan bagi anak-anak. Oleh karena itu, anak yang baru pindah sekolah atau baru pindah sekolah perlu waktu untuk menyesuaikan diri, apalagi dengan anak introvert. Jika anak Anda tiba-tiba jatuh, tidak mau masuk kelas, atau hanya menangis, jangan langsung marah. Sekolah akan menjadi tempat yang fantastis yang akan memberi Anda gambaran tentang seperti apa lingkungan baru Anda nantinya. Berikut adalah 7 hal yang dapat dilakukan ibu untuk membantu bayinya beradaptasi.

1. Eksperimen Sekolah Baru

Usahakan sekolah tempat Anda akan membawa anak Anda untuk disurvei karena anak yang akan bersekolah, bukan Anda. Apalagi sekarang sudah banyak sekolah yang open house dan free trial. Anda dapat menggunakan ini untuk memberi tahu anak Anda bahwa mereka ingin pergi ke sekolah baru untuk Anda. Juga, cari tahu apa latar belakang anak Anda di luar sekolah. Perkenalkan anak Anda pada aktivitas yang menarik minat mereka dan mereka akan menantikannya saat mereka pindah ke sekolah baru mereka.

2. Jelaskan kesenangan di sekolah

Wajar jika anak merasa tidak nyaman dan takut ketika memasuki lingkungan baru. Temukan hal-hal menarik yang bisa memberinya ide untuk bersenang-senang pergi ke sekolah. Misalnya, senang bertemu teman baru dan belajar hal baru. Biarkan anak Anda membayangkan dunia sekolah yang menyenangkan sehingga ia akan lebih bersemangat untuk memasuki sekolah baru.

Baca lebih lanjut: Perhatikan ibumu. 5 hal yang perlu diingat saat memilih sekolah untuk anak-anak Anda.

3. Tentang guru

Beri tahu anak-anak tentang guru. Jadikan presentasi Anda menyenangkan dan mudah. Dengan cara ini, anak Anda akan memiliki ingatan yang baik tentang guru. Lambat laun, menjadi lebih mudah baginya untuk menerima gurunya sebagai “daripada ” orang tua sekolahnya.

4. Ajari Anak Cara Mengenal Satu Sama Lain

Orang tua harus mengajari anak-anak mereka cara bergaul atau mencari teman baru. Ini karena anak-anak bisa mendapatkan teman baru.

Siapkan lebih banyak makanan bayi. Dan beri tahu anak Anda bahwa Anda bisa makan siang bersama teman-teman sekolah baru Anda. Dengan cara ini, anak-anak dapat terbantu untuk mengenal dan bersosialisasi dengan teman-temannya di sekolah.

Selengkapnya: Dear Bunda, berikut 5 tips melatih anak agar lebih aktif di sekolah.

5. Datang Lebih Awal

Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah mengajak anak Anda datang lebih awal agar mereka punya lebih banyak waktu untuk saling mengenal sebelum sekolah dimulai. Selain itu, lingkungan sekolah yang tidak ramai bahkan saat subuh diharapkan dapat memudahkan anak-anak untuk saling mengenal. Selain memudahkan anak untuk mengenal lingkungan barunya, cara ini juga memberikan kesempatan kepada anak untuk menyesuaikan diri dengan sekolah barunya sebelum hari dimulai.

6. Perhatikan Posisi Bayi Anda

Setelah diminta untuk mencoba sekolah baru, perhatikan reaksi anak Anda sampai ia memasuki sekolah pertama. Jangan memaksa anak Anda untuk beradaptasi dengan sukses pada hari pertama. Ingatlah bahwa anak-anak juga membutuhkan proses untuk beradaptasi dan menikmati lingkungan sekolah baru mereka. Juga, pastikan anak Anda siap secara mental dan fisik untuk sekolah baru.

7. Ajak Anak Bicara Tentang Minatnya

Wajar jika anak-anak merasa cemas ketika mereka pindah ke sekolah baru. Sebagai orang tua, pahami ini dan diskusikan dengan anak Anda. Nah tanyakan apakah dia tidak lagi sibuk dengan koneksi. Dengan begitu, anak akan tetap tenang, karena ia akan selalu merasa bahwa orang tuanya akan mendukungnya. Jangan memaksa anak Anda untuk pergi ke sekolah. Beri dia waktu untuk mengawasi sekelilingnya sampai dia merasa nyaman.

Metode ini dapat digunakan baik untuk anak-anak yang baru pertama kali sekolah maupun yang baru sekolah. Semoga Anda sukses!

(Universitas Farida)

You May Also Like

About the Author: keyhar

Leave a Reply

Your email address will not be published.