Bu, Ini 9 Langkah Mengajari Anak Membaca, Menulis, Dan Berhitung

Berjuang untuk mengajar anak-anak Anda membaca, menulis, dan berhitung? Anak sulit berkonsentrasi karena masih ingin bermain. Karena itu, orang tua sering kehilangan kesabaran saat mengulang pelajaran membaca dan menulis di rumah. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa anak Anda dapat berlatih membaca, menulis, dan berhitung sejak usia 2 tahun dan berlanjut hingga usia 8 tahun. Berikut langkah-langkah mengajari anak membaca, menulis, dan berhitung langkah demi langkah.

1. Baca buku yang banyak gambarnya

Membaca sebelum tidur adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan buku kepada anak usia 2-3 tahun. Membaca nyaring dan mengajukan pertanyaan tentang isi buku. Misalnya, “Apa yang Anda lihat dalam gambar ini? ” atau “Menurut Anda apa yang akan dilakukan beruang itu? “dalam bahasa Inggris oleh Kathy H. Barkley, EdD, Western Illinois University Atas saran Profesor Pendidikan Anak Usia Dini. , Anda juga dapat menyanyikan lagu-lagu berima yang akan membantu anak Anda mengenali bunyi bahasa tersebut.

2. Buat Kartu Gambar atau Kartu Flash

Ini adalah langkah selanjutnya dalam awal mengenalkan anak pada huruf dan angka. Anda dapat membeli kartu foto dengan gambar, atau Anda dapat membuatnya sendiri. Tunjukkan setiap kartu kepada anak Anda selama 1-2 detik, lalu lanjutkan ke kartu lain. Lakukan ini setiap hari untuk membantu anak-anak mengingat bentuk huruf dan angka. Anda juga dapat menggunakan Text Matte untuk menyorot teks.

Jangan paksa mereka untuk membaca saat mereka mau. Berikut 7 cara efektif mengajari anak membaca.

3. Beri nama huruf dan angka bayi Anda secara acak.

Anak-anak biasanya dapat menyebutkan huruf-huruf dalam urutan b, c, d, tetapi mungkin mengalami kesulitan mengacak urutannya. Jadi langkah selanjutnya adalah memperkenalkan anak-anak pada campuran karakter. Langkah ini mungkin membutuhkan sedikit waktu. Susunlah flashcard atau tikar sebagai namanya atau nama ayah dan ibunya. Kemudian minta dia untuk mengacak karakter lagi dan mengurutkannya berdasarkan namanya.

4. Berlatih menggambar, memotong, dan menempelkan

Menulis membutuhkan keterampilan motorik halus, sehingga Anda perlu melatih kekuatan tangan dan jari anak Anda. Kemudian mulailah kegiatan yang membutuhkan keterampilan ini, seperti menggambar, memotong atau menempel. Ajari dia menggambar garis lurus, garis vertikal, garis horizontal, salib, kurva atau lingkaran. Buat juga titik-titik untuk membentuk huruf atau angka, kemudian minta anak untuk menghubungkan titik-titik tersebut. Kemudian minta mereka untuk menyalin bentuk huruf dan angka itu sendiri.

5. Da, Di, Do, Day, Do, Mengelompokkan huruf menjadi kata

Mulailah dengan mengajari anak Anda mengelompokkan huruf menjadi kata, sambil terus melatih mereka untuk mengingat huruf A sampai Z. Dari menggabungkan dua suku kata menjadi satu suku kata hingga menggabungkan dua suku kata menjadi satu kata. Mulailah dengan kata empat huruf sederhana seperti da-du, gu-la, dll. Atau minta dia untuk menuliskan kata-kata yang membentuk dirinya atau nama temannya.

6. Susun beberapa kata dalam kalimat

Setelah Anda mulai membaca kata demi kata dengan lancar, saatnya melatih anak Anda yang berusia 5-7 tahun untuk membuat kalimat pendek. Gambarlah potongan suku kata pada beberapa kartu flash dan mintalah anak-anak untuk menyusunnya menjadi kalimat. Minta mereka untuk menulis ulang kalimat dalam urutan kalimat. Hal ini berguna untuk mengajari anak merangkum cerita dalam buku yang sedang mereka baca.

Permainan tradisional juga dapat membantu anak berhitung lebih cerdas dan lebih gesit. Ini adalah sejenis mainan.

7. Pelajari peran angka melalui permainan dan aktivitas sehari-hari

Setelah belajar mengenal angka acak dengan flashcard, anak kini bisa mulai menghafal angka dengan melihat benda-benda di sekitarnya. Kombinasikan analisis angka ini secara kreatif dengan olahraga atau aktivitas sehari-hari. Hubungi nomor di ponsel Anda dan minta dia untuk menelepon nomor nenek Anda. Permainan ular tangga juga merupakan salah satu cara untuk mengenalkan anak pada simbol titik pada angka.

Mau beli buku untuk anak? Berikut adalah beberapa tips untuk memilih buku yang tepat untuk anak Anda.

8. Belajar menghitung angka atau mengetahui perbedaan antar angka.

Anak-anak dapat belajar berhitung dengan jari mereka. Setelah itu, Anda tinggal melanjutkan penambahan dan pengurangan aktivitas. Memperkenalkan anak untuk memahami satuan benda. Misalnya, pindahkan sesuatu ke wadah lalu tambahkan atau kurangi. Anda juga dapat belajar berhitung dengan bantuan formulir buku, sehingga Anda dapat menulis angka tambahan sekaligus. Setelah mengenal angka 1-10, anak usia 5-6 tahun dapat mulai belajar angka 10 dan 10.

9. Beritahu Anak Anda Membaca Itu Menyenangkan

Terus tingkatkan keterampilan membaca dan menulis Anda sampai anak Anda berusia 7 atau 8 tahun. Anda bisa “mengajarkan ” anak Anda bahwa membaca itu menyenangkan. Misalnya, “Menyenangkan kalau bisa membaca. Kamu bisa memesan makanan di restoran. Kamu bisa membaca nama jalan agar tidak tersesat. Kamu bisa berbicara dengan ayah saat kamu di kantor. “Ini akan memotivasi anak-anak. Lebih dari langsung mengajak mereka belajar membaca.

Mengajarkan anak untuk peduli membutuhkan kesabaran. Tapi jangan khawatir, anak Anda akan mempelajari keterampilan ini secara otomatis seiring waktu.

(milik Harmandini)

You May Also Like

About the Author: keyhar

Leave a Reply

Your email address will not be published.