9 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Anak Sebelum Masuk TK

Semester baru akan segera dimulai. Ibu-ibu tidak boleh sabar, dan segera daftarkan anak kesayangan Anda di TK terdekat. Namun sebelum itu, ada beberapa keterampilan yang perlu dikuasai anak prasekolah sebelum tahun ajaran baru dimulai. Selain menulis dan membaca, keterampilan apa lagi yang perlu dikuasai anak? Ayo, lihat!

1. Bagaimana cara saling mengenal

Hal pertama yang perlu dikuasai anak-anak adalah bagaimana mengenal satu sama lain. Dari memperkenalkan nama Anda hingga meminta jabat tangan. Dengan menguasai kemampuan ini, anak belajar terbuka terhadap hal-hal baru, termasuk teman dan guru baru.

Untuk menguasai kemampuan ini, ibu harus mengajari anak-anaknya untuk mengingat nama, nama panggilan dan nama lengkap terlebih dahulu. Selain membiasakan memanggil anak dengan nama panggilan yang biasa di rumah, para ibu juga bisa mengenalkan nama lengkap anaknya dengan bernyanyi atau mengingatkan di waktu senggang.

2. Bersihkan

Seorang ibu tentu tidak bisa selalu mengawasi anaknya saat berada di sekolah. Karena itu, Anda harus belajar membersihkan. Misalnya, mencuci tangan dengan sabun atau mencuci tubuh dengan baik setelah menggunakan kamar mandi. Jadi saya bisa belajar sendiri walaupun ibu saya tidak ada dan tidak mengganggu guru TK.

Agar anak terbiasa membersihkan diri, ibu terlebih dahulu harus membiasakannya di rumah. Misalnya, biasakan untuk mendorong anak mencuci tangan (bukan ibu pembersih) sebelum dan sesudah makan. Tolong beri tahu saya cara membersihkan sela-sela jari, telapak tangan, dan sela-sela kuku secara merata. Nah, anak-anak perlu dilatih menggunakan toilet untuk belajar membersihkan diri saat ke toilet.

BACA JUGA: 7 Pilihan Tas Ransel Anak Perempuan yang Bikin Sekolah Lebih Seru

3. Dengarkan

Memasuki taman kanak-kanak berarti mengajak anak untuk membiasakan diri dengan konsep sekolah formal. Salah satunya adalah mendengarkan guru di depan kelas. Dengan cara ini, diharapkan anak-anak dapat mengikuti instruksi guru dan belajar ketika mereka memasuki sekolah dasar.

Mulailah membaca buku anak-anak atau buku anak-anak favorit Anda secara teratur sebelum tidur untuk membantu anak-anak Anda menyerap informasi dan instruksi yang mereka pelajari di kelas. Dengan cara ini, anak belajar mendengarkan dan memahami informasi yang disampaikan orang lain kepadanya.

4. Ikuti petunjuknya

Selain mengajari anak-anak Anda keterampilan mendengarkan dengan belajar mendengarkan berbagai informasi, ajari mereka untuk mengikuti arahan. Penting untuk memastikan bahwa anak Anda mengikuti instruksi guru dan mengikuti instruksi yang optimal.

Anda dapat memberinya perintah sederhana di rumah untuk melatih kemampuan ini. Misalnya, minta anak untuk membawakan sekotak makanan, menaruh pakaian kotor di ruang cuci, dll. Ketika dia sudah bisa mengikuti perintah sederhana, mulailah memberikan perintah atau instruksi yang lebih kompleks dan sedikit informatif. Misalnya, meminta untuk meletakkan buku di atas meja di perpustakaan, kemudian menyimpannya di rak paling bawah, dll.

5. Singkirkan barang-barang

Anak-anak juga perlu belajar mengatur barang-barang mereka. Sang ibu tidak mau, dan sang anak kecewa saat pulang sekolah sepulang sekolah karena tidak menemukan pensil yang disukainya. Oleh karena itu, kemampuan ini harus dipelajari sejak usia dini.

Mulailah dengan memberi tahu anak Anda untuk menyimpan mainan setelah mereka bermain. Minta dia untuk mengambil mainan yang dia mainkan dari kotak mainan, satu per satu. Pada awalnya, anak mungkin menolak atau malas. Tapi ibu bisa menjelaskan secara perlahan dan sederhana bahwa kebiasaan membuang mainan setelah bermain adalah tanggung jawab dan anak yang bertanggung jawab adalah anak yang hebat!

BACA JUGA: 3 Alasan Memilih Tupperware Sebagai Lunch Box Anak di Sekolah

6. Ikuti aturan

Keterampilan prasekolah lain yang harus dikuasai anak-anak adalah mengikuti aturan. Misalnya aturan jam sekolah, seragam, warna sepatu, dll. Mengapa itu penting? Kemampuan sederhana ini dapat digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu, mengikuti aturan dapat membantu mengembangkan semangat disiplin pada anak-anak. Jika perlu, ibu juga bisa menjelaskan secara singkat mengapa anak harus mengikuti aturan. Jadi dia mengerti mengapa dia melakukannya. Aturan yang diikuti secara konsisten pada akhirnya akan berubah menjadi kebiasaan baik yang sulit diubah. Mama!

7. bermain

Dalam hal berekspresi, ibu juga perlu mengajari anaknya bersosialisasi dengan baik. Jadi, setelah berkenalan, anak-anak bisa mengajak teman-temannya untuk bermain bersama. Ibu juga harus mengingat nama-nama teman anak-anak mereka sehingga mereka dapat berbicara dengan mereka ketika mereka di rumah. Juga, jika anak mau, ibu bisa pulang sekolah atau mengajak teman-temannya bermain di rumah di akhir pekan. Dengan demikian, keterampilan sosialisasi anak tumbuh. Jangan khawatir, dapatkan izin terlebih dahulu dari orang tua setiap anak yang berpartisipasi dalam tur rumah.

8. Bagikan

Selain bersosialisasi, anak juga harus belajar pentingnya berbagi, Bu. Hal ini menimbulkan empati pada anak. Untuk mengasah keterampilan anak prasekolah ini, pertama-tama ajari dia untuk berbagi makanan atau minuman yang dia cicipi. Anak-anak juga dapat belajar berbagi dengan meminjamkan mainan kepada teman dan kerabat yang berkunjung. Oleh karena itu, pada saat mereka memasuki taman kanak-kanak, anak-anak sudah terbiasa dengan konsep berbagi.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Susu UHT untuk Anak Sekolah

9. Mengelola Emosi Anda Saat Menghadapi Konflik

Terakhir, keterampilan terpenting yang harus dikuasai anak adalah bagaimana mengelola emosinya saat menghadapi konflik. Bunda, ingatlah bahwa meskipun dunia ini masih kecil, masalah apa pun yang muncul bisa menjadi masalah besar bagi anak Anda. Misalnya, banyak teman yang secara tidak sengaja mendorong tubuh anak saat tidak mau meminjam pensil warna. Dia harus belajar mengendalikan emosinya agar bisa bertindak benar. Hal ini dapat melatih anak untuk menghadapi kekecewaan dan berani meminta maaf ketika melakukan kesalahan.

Ini adalah sembilan keterampilan yang harus dikuasai anak-anak prasekolah. Ternyata selain belajar membaca, mewarnai dan menyanyi, ada hal lain yang tak kalah penting untuk dipelajari anak. Ya? Semangat melanjutkan pendidikan buah hati tercinta!

You May Also Like

About the Author: keyhar

Leave a Reply

Your email address will not be published.