7 Cara Melatih Anak Menjaga Kebersihan Sekolah Agar Tidak Sakit

Saat anak Anda berada di rumah, Anda selalu dapat mengingatkannya untuk menjaganya tetap bersih dan jauh dari tempat kotor serta memastikan rumah yang Anda tinggali juga bersih. Tapi bagaimana jika anak itu di sekolah? Berikut 7 cara melatih anak agar berprestasi di sekolah agar tidak mudah sakit.

Ajaklah anak-anak untuk membersihkan kamar bersama-sama.

Sebelum Anda mengajari anak-anak Anda untuk bersih-bersih di sekolah, usahakan agar mereka juga tetap bersih di rumah. Jangan sampai anak Anda terlihat malas membuang sampah. Karena anak Anda akan meniru kebiasaan ini. Jika Anda mengajari anak-anak Anda untuk menjadi bersih tanpa menjaga kebersihan diri mereka sendiri, mereka tidak akan mau mendengarkan Anda.

Ajak anak Anda untuk membersihkan rumah atau setidaknya kamar Anda. Beri dia tugas-tugas kecil tapi penting. Misalnya, ia harus memindahkan sampah dari kamar ke tempat sampah di luar rumah.

Baca lebih lanjut: 7 cara untuk mendorong anak-anak Anda untuk berhasil di sekolah

2. Cuci tangan sebelum makan

Biasakan anak untuk mencuci tangan sebelum makan di rumah. Selalu ingatkan anak bahwa penting untuk mencuci tangan sebelum makan untuk mencegah sakit. Jika anak Anda terbiasa mencuci tangan sebelum makan di rumah, ia akan membiasakannya di sekolah.

Melainkan mengolah sampah dan menentukan jenis sampah.

Tidak membuang sampah merupakan salah satu hal terpenting yang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Jika Anda melatih anak Anda alih-alih membuang sampah, berikan contoh yang baik untuk mereka. Misalnya, biasakan untuk mengumpulkan sampah terlebih dahulu saat tidak ada sampah di tempat umum.

Anak-anak yang mengamati kebiasaan ibu mereka, akhirnya mengadopsi mereka sebagai diri mereka sendiri. Anak-anak memilah sampah. Misalnya, sampah kering dibuang ke tempat sampah yang berbeda dengan sampah basah seperti sampah pada kulit buah.

Baca Juga: Inilah 7 Akibat Jika Tas Ransel Anak Anda Terlalu Berat.

4. Cuci tangan setelah buang air kecil di toilet umum

Banyak anak usia SD tidak mau buang air besar di kamar mandi. Salah satu penyebabnya adalah lingkungan kamar mandi yang kurang bersih dan sulit untuk menyendiri di kamar mandi. Jika Anda ingin mereka pergi ke kamar mandi sendiri, terus ajari mereka bahaya bersabar. Anak-anak juga diajarkan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah buang air kecil di toilet umum. Ini untuk mencegah bakteri atau kuman masuk ke tangan Anda dari toilet.

5. Ambil anggur dengan tangan.

Berikan anak Anda hand sanitizer yang dapat mereka gunakan dalam mencuci tangan secara virtual untuk memudahkan mereka mencuci tangan sebelum makan. Hand sanitizer sangat bermanfaat, terutama bagi anak-anak malas yang tidak dapat menemukan tempat untuk mencuci tangan. Beli pembersih tangan dalam kondisi baik agar anak Anda tertarik menggunakan alkohol tangan.

Baca lebih lanjut: Perhatikan ibumu. 5 hal yang perlu diingat ketika memilih sekolah untuk anak-anak Anda.

Ajari anak-anak Anda untuk menjadi bersih dengan mengundang teman-teman Anda

Bagaimana jika anak Anda peduli dengan kebersihan, tetapi lingkungan sekolah masih kotor dan dapat menyebabkan penyakit pada anak Anda? Tentu saja, seseorang tidak bisa menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Oleh karena itu, ajari anak Anda tentang pentingnya bekerja sama untuk menjaga kebersihan bagi semua siswa di sekolah.

Anak-anak dapat memberitahu teman sekelas mereka pentingnya kebersihan. Sementara itu, Anda bisa meminta pihak sekolah untuk meningkatkan kebersihan lingkungan sekolah.

7. Menumbuhkan kebiasaan memilih jajanan sehat untuk anak

Sebagian besar penyakit yang anak-anak dapatkan di sekolah berasal dari makanan yang mereka beli di sekolah. Untuk menghindarinya, ajari anak Anda untuk memilih jajanan yang sehat. Berikan contoh makanan bergizi dan makanan tidak sehat. Selain itu, pastikan Anda mengetahui makanan mana saja yang mengandung bahan berbahaya, seperti pewarna dan pengawet, agar anak Anda menjauhi makanan yang mengandung bahan tersebut.

Apakah Anda selalu mengajak anak Anda untuk hidup bersih di rumah dan di sekolah?

You May Also Like

About the Author: keyhar

Leave a Reply

Your email address will not be published.