13 Aplikasi Gratis Pembelajaran Online Untuk Siswa Dan Guru Bekerja Sama Dengan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Sekarang Anda bisa belajar di mana saja. Tidak perlu bertemu langsung dengan guru atau tutor, kini Anda bisa belajar online hanya dengan smartphone dan aplikasi pembelajaran online di smartphone Anda. Aplikasi apa yang bisa saya gunakan untuk pembelajaran online? Berikut adalah daftar aplikasi pembelajaran online untuk smartphone Anda yang dapat Anda coba.

aplikasi belajar online gratis

Presiden Jokowi mengimbau masyarakat untuk belajar, beribadah dan bekerja di rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Kini anak-anak harus belajar di rumah, namun bukan berarti proses belajar mengajar terhenti. Untuk mendukung kegiatan belajar di rumah, beberapa startup berbasis teknologi dan pendidikan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan  Kami berharap siswa, guru, dan orang tua dapat menggunakan aplikasi pembelajaran online gratis kami untuk mendukung kegiatan belajar mereka di rumah secara efektif. Berikut adalah beberapa aplikasi pembelajaran online yang dapat Anda gunakan tanpa biaya apa pun.

1. Luanguru

Apakah Anda mencari aplikasi yang memungkinkan Anda belajar online dengan guru dan mentor Anda secara bersamaan? Ruangguru bisa menjadi pilihan Anda. Ruangguru menawarkan les privat online. Ruangguru adalah aplikasi belajar online dengan solusi terlengkap untuk mengatasi segala kesulitan belajar Anda. Ruangguru menawarkan konten di berbagai tingkatan, mulai dari SD, SMP, dan SMA, sesuai dengan kurikulum nasional yang dirancang khusus oleh guru-guru 

 Aplikasi ini juga memungkinkan sesi tanya jawab langsung dengan mentor dan guru melalui obrolan atau panggilan video. Ada juga banyak video persiapan ujian yang tersedia untuk dilihat kapan saja. Tertarik?

2. Kelas kami

Aplikasi pembelajaran online selanjutnya adalah KelasKita. Aplikasi pembelajaran online KelasKita menyediakan fitur sosial yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pengguna lain sehingga kegiatan belajar Anda menjadi lebih menarik. Di KelasKita, Anda dapat memilih mata kuliah berdasarkan minat Anda: pemrograman, desain grafis, bahasa atau agama. Anda juga dapat memilih dari berbagai kelas, dari SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi hingga umum.

KelasKita juga memiliki fitur kampus (membuat kelompok belajar umum atau privat/swasta), fitur penghasilan tambahan (membuat kursus privat berbayar), fitur sertifikat (setelah berhasil menyelesaikan kelas), fitur instruktur dan partner. Mereka berasal dari beberapa lembaga pendidikan yang sudah terbukti.

3. Kiefer

Quiper juga merupakan aplikasi pembelajaran online yang bisa kamu coba. Aktivitas belajar menjadi lebih fleksibel dengan Quiper. Karena Anda dapat menentukan waktu belajar Anda sendiri. Anda dapat menonton video pelajaran, menjawab latihan, dan menyelesaikan pekerjaan rumah dengan atau tanpa koneksi internet. Belajar jauh lebih nyaman dengan aplikasi Quiper ini.

Baca Selengkapnya: 11 Rekomendasi Meja Anak untuk Mendukung Kegiatan Belajar (Update)

4. Lego!

aplikasi lesgo! Orang tua dapat menemukan tutor online untuk anak-anak mereka berdasarkan tingkat pendidikan, mata pelajaran, lokasi, dan jadwal yang sesuai. Tujuan dari aplikasi pembelajaran online ini adalah untuk memudahkan kebutuhan orang tua yang kekurangan waktu dalam mencari guru dan guru yang berkualitas untuk anaknya. Apalagi di daerah seperti Jabodetabek yang tingkat aktivitasnya tinggi. Menemukan tutor tidak hanya berkaitan dengan tingkat dan materi pelajaran, tetapi juga kompatibilitas siswa-guru.

5. Pribadi Q

PrivatQ adalah aplikasi pembelajaran online yang memungkinkan Anda menemukan dan memesan layanan bimbingan belajar kapan saja, di mana saja. PrivatQ membantu kami menemukan guru dan mentor yang sesuai dengan kebutuhan kami. Guru dan pembimbing juga datang ke tempat pada waktu yang telah ditentukan untuk melakukan setiap kegiatan pendidikan. Guru dan mentor PrivatQ adalah staf yang terlatih dan berpengalaman. Dengan cara belajar yang aktif dan menyenangkan, PrivatQ membantu siswa belajar lebih efektif.

6. Rumah Studio

Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, aplikasi pembelajaran online ini dapat menjadi alternatif pembelajaran berbasis teknologi. Guru, siswa, dan orang tua yang ingin mengajar anaknya secara gratis dapat menggunakan berbagai fungsi seperti materi pembelajaran, lab virtual, ruang kelas digital, bank soal, buku teks elektronik, bimbingan budaya, bahasa, dan sastra.

Baca lebih lanjut: 3 Aplikasi Gratis Terbaik untuk Belajar Bahasa Korea

7. Google: Google Suite untuk Pendidikan

Aplikasi dari Google ini dapat diakses kapan saja secara online maupun offline. Salah satu fitur yang menarik adalah Classroom. Fitur ini dapat berupa ruang kelas virtual yang dapat dibuat guru untuk siswanya. Di “Classroom”, guru dapat melakukan percakapan tertulis, mengerjakan tugas, menilai, atau bahkan menonton video.

8. Kelas Cerdas

Salah satu penyedia sistem pendukung pendidikan di era digital ini dapat memfasilitasi terciptanya praktik pembelajaran yang efektif bagi siswa dan guru. Smart Class memberikan kesempatan kepada guru dan siswa dari seluruh Indonesia untuk mendapatkan akses gratis selama satu bulan. Siswa dapat menggunakan fitur Ask untuk mengajukan pertanyaan atau materi guru yang dilakukan antara pukul 09:00-12:00 dan 18:00-21:00 untuk memaksimalkan proses pembelajaran.

BACA JUGA: Buat Si Kecil Tetap Tertarik Belajar dengan 11 Rekomendasi Lampu Meja Unik Ini.

9. Microsoft: Office 365 untuk Pendidikan

Office 365 Education menyertakan kecanggihan Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Teams, dan alat kelas lainnya untuk membantu Anda membuat ruang kelas online. Anda bisa mendapatkan layanan ini secara gratis hanya dengan memasukkan alamat email sekolah yang valid di situs Microsoft Indonesia yang membahas produk Office 365 Education.

10. Sekolah

Sekolah menawarkan streaming langsung kursus sesuai dengan level yang ditentukan dalam aplikasi. Sekolah Anda kini telah mengembangkan materi pembelajaran bekerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan seperti Sekolah Biru, Cikal dan Yayasan Diponegoro. Situs web Sekolahmu juga memiliki sesi sekolah online gratis dalam format streaming langsung melalui Youtube, yang diselenggarakan oleh guru dari berbagai sekolah.

11. Zenius

Zenius menawarkan puluhan ribu video gratis dengan materi pembelajaran untuk SD, SMP, dan SMA. Semua platform memudahkan siswa untuk belajar mandiri dan mempersiapkan ujian nasional. Guru juga dapat membagikan konten video pembelajaran dan melatih siswa untuk menjawab pertanyaan dalam materi.

12. Indonesia X

Untuk memajukan kecerdasan bangsa, IndonesiaX memberikan akses pembelajaran bagi masyarakat melalui kursus berkualitas yang disampaikan oleh instruktur terbaik tanah air. Diluncurkan pada 17 Agustus 2015, IndonesiaX didedikasikan untuk menutup kesenjangan pendidikan di Indonesia.

13. Meja Kami

Selain memiliki forum diskusi, dapat digunakan sebagai wadah tanya jawab bagi guru dan siswa dengan menyajikan materi pembelajaran berdasarkan topik. DeskKit menawarkan kelas yang sepenuhnya gratis dari SD hingga SMA. Guru juga dapat mendiskusikan tugas dan catatan dengan siswa.

Berikut daftar 13 aplikasi pembelajaran smartphone online yang bisa kamu coba. Selamat belajar!

You May Also Like

About the Author: keyhar

Leave a Reply

Your email address will not be published.